Info Terbaru 2022

Contoh Kegiatan Kerja Kesiswaan Smp Sma Ma Smk |

Contoh Kegiatan Kerja Kesiswaan Smp Sma Ma Smk |
Contoh Kegiatan Kerja Kesiswaan Smp Sma Ma Smk |

Program Kerja Kesiswaan Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas MA SMK

Program Kerja Kesiswaan Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas MA SMK - Program Kerja merupakan salah satu sarana untuk menerapkan setiap kegiatan-kegiatan  yang sudah ada didalamnya. Hal ini haruslah disusun sendiri Wakasek Kesiswaan sebagai kiprah pokok dan fungsinya. 

Bukan hanya itu saja, setiap Jabatan yang ada disekolah tentu saja harus menciptakan dan diadaptasi dengan kebutuhan dan keadaan sekolah yang selanjutnya di olok-olokan kepada Kepala Sekolah untuk disetujui serta diberikan anggaran untuk setiap aktivitas yang akan dilaksanakan.

Adapun kesesuaian dengan Anggaran Sekolah kembalikan lagi dengan Skala Prioritas, mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa dilaksanakan kemudian. Intinya yakni kembali lagi dengan kebutuhan sekolahnya. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak beberapa klarifikasi dibawah ini :

 Program Kerja merupakan salah satu sarana untuk menerapkan setiap aktivitas Contoh Program Kerja Kesiswaan Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan |

Latar Belakang Program Kerja Kesiswaan

Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan bisa hidup bersaing yakni tuntutan dari perkembangan zaman pada ketika ini. Oleh alasannya yakni itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di penilaian secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting alasannya yakni perubahan-perubahan akhir perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.

Salah satu bab yang penting dalam upaya tersebut yakni sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk menyebarkan kemampuan serta membentuk tabiat dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus impian usaha bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh alasannya yakni itu Upaya pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diharapkan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Tujuan  Program Kerja Kesiswaan

  1. Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik. 
  2. Menyiapakan warga negara menuju masyarakat berguru yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab. 
  3. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. 
  4. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat 
  5. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap imbas negatif yang tiba dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah 
  6. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar. 
  7. Meningkatan apresiasi dan penghayatan seni. 
  8. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan menurut Pancasila. 
  9. Meningkatkan kesejukan jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani. 

Ruang Lingkup Program Kerja Kesiswaan 

  1. Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS) lihat disini Versi 1 dan Versi 2
  2. Program Pembinaan Ekstrakurikuler (lihat disini)
  3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.

Sasaran Pembinaan Progam Kerja Kesiswaan

Biasanya yang menjadi target dari Pembinaan PKS Kesiswaan yakni semua siswa dan siswi yang menjadi akseptor didik di sekolah masing-masing dimulai dari kelas terendah hingga kelas teratas sebanyak siswa yang ada.

Hasil yang ingin dicapai dari Program Kerja Kesiswaan 

  1. Mampu melahirkan SDM yang mempunyai keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, dapat berdiri diatas kaki sendiri dan profesional.
  2. Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai talenta dan minat siswa
  3. Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pelatihan evakuasi siswa dari ancaman sikap menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri

Strategi Pembinaan Program Kerja Kesiswaan

  1. Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan .....................
  2. Dst..
Baca juga : 

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan pribadi saja dilihat preview filenya dibawah ini :


Supaya makin terperinci mengeani file yang dibagika pada kesempatan kali ini, Anda juga bisa mendapat dalam bentuk Format Microsoft Word yang bisa pribadi anda download melalui link dibawah ini :
Semoga dengan klarifikasi dan File yang diberikan admin kali ini bisa berkhasiat serta bermanfaat untuk anda dalam menyebarkan setiap potensi akseptor didik melalui Program Kerja Kesiswaan. Sekian dan Terima Kasih.
Advertisement

Iklan Sidebar