Info Terbaru 2022

Soal Usbn Sosiologi Sma Kurikulum 2013 Tahun 2019

Soal Usbn Sosiologi Sma Kurikulum 2013 Tahun 2019
Soal Usbn Sosiologi Sma Kurikulum 2013 Tahun 2019
Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Tahun 2019 - Dalam waktu akrab akan segera dilaksanakannya kegiatan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang diawali jenjang SMA, MA, Sekolah Menengah kejuruan dan MAK yang selanjutnya di ikuti jenjang SMP, MTs, SMPLB.

Kali ini kami bawakan Latihan Soal USBN Sekolah Menengan Atas Mata Pelajaran Sosiologi Kurikulum 2013 dalam format Word Gratis yang bisa di Download di final artikel ini. Semoga soal ini sesuai dengan soal yang nanti akan keluar pada pelaksanaan USBN alasannya yaitu diambil dari Buku Guru dan Buku Siswa Sosiologi Kurikulum 2013 Revisi terbaru dari Kemdikbud.

 Dalam waktu akrab akan segera dilaksanakannya kegiatan ujian sekolah berstandar nasional  Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Tahun 2019


Contoh Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Tahun 2019

SOAL PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu balasan yang paling benar!

1. Perhatikan beberapa pernyataan berikut :
(1) Penggusuran pemukiman kumuh untuk perbaikan tata ruang kota.
(2) Penemuan kerangka hewan purba jenis mamalia untuk kajian arkeolog.
(3) Minimnya budaya bahu-membahu dan semangat kekeluargaan di kota.
(4) Konflik sosial akhir perbedaan budaya di masyarakat majemuk.
(5) Pemanfaatan potensi alam dengan memakai teknologi tepat guna.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan obyek kajian sosiologi yaitu nomor ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

2. Sosiologi terapan yang bersifat empiris bisa memperlihatkan citra senyatanya permasalahan di masyarakat ibarat kemiskinan, perubahan gaya hidup, dan sikap menyimpang. Kelebihan tersebut berkhasiat dalam memperlihatkan citra kondisi sosial sesuai dengan kebutuhan pembangunan, berarti fungsi sosiologi tersebut berada pada tahapan ....
A. perencanaan pemecahan masalah
B. donasi kesimpulan mendasar
C. pelaksanaan kebijakan publik
D. penelitian organisasi sosial
E. evaluasi kinerja birokrasi

3. Suatu organisasi nirlaba yang bergerak pada pemberdayaan masyarakat memperlihatkan penyuluhan kepada masyarakat biar sanggup mengelola sampah rumah tangga dengan baik, dan tidak membuang sampah sembarangan. Tindakan tersebut memperlihatkan fungsi nilai sosial, yaitu ....
A. penentu harga sosial di dalam kelompok
B. sebagai pemersatu kelompok tertentu
C. mengarahkan norma di masyarakat
D. solidaritas dalam kelompok sosial
E. pedoman sikap dan bertindak

4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Memberikan ketrampilan dan skill perihal perkembangan IPTEK.
(2) Memahami status dan kiprahnya sebagai anggota masyarakat.
(3) Sebagai dasar pembentukan kepribadian seorang individu.
(4) Media pertama kali mengenalkan nilai dan norma sosial.
(5) Belajar menggandakan tugas yang dilihatnya di lingkugan terdekatnya.
Dari pernyataan di atas, yang merupakan penerapan dari tujuan media sosialisasi primer yaitu nomor ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

5. Sepeninggal ayahnya semenjak duduk di kursi SMP, Winda merasa sangat kehilangan sosok lelaki dalam keluarga yang bisa mengayomi dan melindungi. Rasa kehilangan tersebut ternyata mewujud menjadi sikap yang suka berpacaran dengan lelaki yang jauh lebih tua, bahkan telah beristri. Akhirnya Winda pun terjerumus dalam lembah nista p3lacuran.
Dari deskripsi di atas, memperlihatkan hubungan antara proses sosialisasi dengan ....
A. dasar pembentukan kepribadian seorang individu.
B. penyimpangan sosial yang positif.
C. penanaman nilai-norma sosial.
D. absorpsi nilai-nilai budaya menyimpang.
E. absorpsi nilai norma yang tidak sempurna.

6. Sekolah merupakan sarana bagi individu untuk memperoleh transformasi budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan dipakai pada kehidupan di masa depan. Tujuan sosialisasi sesuai ilustrasi tersebut yaitu ....
A. mempertegas integrasi sosial di masyarakat
B. mempelajari norma, nilai, dan budaya bersama
C. mengenalkan kemandirian dan prestasi
D. mempelajari solidaritas sosial di masyarakat
E. membiasakan diri beraktifitas dalam team work

7. Siswa melaksanakan penelitian perihal fenomena kemiskinan di tempat kumuh Surabaya dengan pribadi menuju objek penelitian dengan melaksanakan pengamatan dan wawancara sehingga diperoleh informasi yang tepat perihal jenis pekerjaan, usang tinggal, partisipasi di masyarakat. Berdasarkan tempatnya , penelitian ini termasuk ...
A. penelitian lapangan
B. penelitian kepustakaan
C. penelitian laboratorium
D. penelitian survei
E. penelitian partisipasi

8. Seorang cowok yang berasal dari desa merantau ke kota. Berbekal ijazah dari akademi tinggi di daerahnya, ia berhasil diterima di sebuah perusahaan. Berkat keuletan dan kerja kerasnya, kini ia menjadi seorang manajer dan membawahi beberapa karyawan. Stratifikasi sosial sesuai dengan ilustrasi tersebut bersifat terbuka alasannya yaitu ....
A. semua orang dari lapisan sosial apa saja bisa menjadi seorang manajer
B. jabatan manajer bisa diduduki oleh seseorang yang mempunyai kompetensi
C. untuk menjadi seorang manajer dibutuhkan jaringan dan koneksi yang baik
D. kehormatan yang dimiliki seseorang menjadi modal untuk menjadi manajer
E. jabatan manajer merupakan jabatan yang disukai dan difavoritkan banyak orang

9. Seorang peneliti ingin mengkaji perihal dampak penggunaan handphone terhadap hasil mencar ilmu penerima didik Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Bojonegoro. Rumusan dilema yang tepat dalam penelitian ini adalah...
A. Bagaimana cara penggunaan handphone dalam mencar ilmu penerima didik Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Bojonegoro ?
B. Bagaimana dampak penggunaan handphone terhadap hasil mencar ilmu penerima didik Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Bojonegoro ?
C. Adakah perbedaan penggunaan handphone dengan cara mencar ilmu penerima didik Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Bojonegoro?
D. Apakah ada perbedaan cara mencar ilmu penerima didik Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Bojonegoro ?
E. Seberapa sering penggunaan handphone penerima didik Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Bojonegoro?

10. Perhatikan skema berikut!


Struktur sosial ibarat pada skema di atas mempunyai konsekuensi, yaitu ....

A. terjadi potensi konflik antara etnik Batak dan Minangkabau
B. siswa dari etnik Batak mendominasi siswa dari etnik Minangkabau
C. terjadi kesenjangan budaya antara etnik Batak dan etnik Minangkabau
D. terdapat perbedaan budaya antara etnik Batak dengan etnik Minangkabau
E. siswa dari etnik berbeda sanggup berlatih tari yang sama di sanggar sekolah
11. Perhatikan tabel produksi padi dalam setahun yang dinyatakan dalam ton!


Dari tabel di atas sanggup disimpulkan bahwa ....

A. Jawa Timur merupakan tempat penghasil padi.
B. Ngawi merupakan kabupaten yang produktif.
C. Magetan menghasilkan padi paling banyak.
D. Ponorogo banyak terdapat industrialisasi.
E. Madiun sangat sedikit persawahan.
12. Beberapa bab dari laporan penelitian

(1)Bab pendahuluan
(2)Kesimpulan dan saran
(3)Landasan teori
(4)Penyajian dan pengolahan data
(5)Metodologi penelitian

Sistematika yang benar dari isi laporan penelitian yaitu ....

A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 1 – 3 – 5 – 4 – 2
C. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
D. 2 – 4 – 3 – 1 – 5
E. 3 – 4 – 2 – 1 – 5
13. Dan seterusnya.

Pencarian di Google mengenai Soal USBN Sosiologi Kurikulum 2013 Tahun 2019, kami temukan beberapa kata kunci diataranya :

  • latihan soal usbn sosiologi kurikulum 2013 sma ips
  • Soal USBN Sosiologi SMA
  • Contoh Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas dan Kunci Jawabannya
  • 23+ Paket Soal Try Out USBN SOSIOLOGI (IPS) Untuk SMA
  • Soal USBN Sekolah Menengan Atas 2018
  • Soal Jawaban Latihan USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas Tahun 2019, 2020, 2021, 2022
  • Soal USBN Sosiologi SMA/MA Terbaru
  • SOAL USBN SMA/MA SOSIOLOGI

Semua itu merujuk pada file yang akan dibagikan kali ini. Lebih jelasnya lagi, Silahkan lihat atau pribadi saja dapatkan melalui preview/ link download dibawah ini ;

Tampilan Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Tahun 2019


Itulah kiranya preview dari file yang dibagikan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;

SIMPAN Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan MA MAk Kurikulum 2013 Tahun 2019 Versi 1

SIMPAN Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan MA MAK Kurikulum 2013 Tahun 2019 Versi 2

Demikianlah informasi dan menyebarkan file Soal USBN Sosiologi Kurikulum 2013 Tahun 2019 pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar