Info Terbaru 2022

Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer

Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer
Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer
Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer
jenis-jenis komputer aneka macam generasi
Komputer Generasi Pertama

1. ENlAC (Eletronic Numerical Integrator And Computer

ENlAC (Eletronic Numerical Integrator And Computerdirancang dan dibuat oleh John Mauchlydan John Presper Eckert pada tahun 1946 di Universitas Pennsylvania. ENIAC merupakan komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. ENlAC dibuat di bawah forum Army’s Ballistics Research Laboratory (BRL), suatu tubuh yang bertanggung jawab dalam pembuatan jarak dan rabel lintasan peluru kendali senjata baru. Sebelumnya kiprah ini dilakukan oleh kurang lebih 200 personel dengan memakai kalkulator untuk menuntaskan persamaan matematis peluru kendali yang memakan waktu lama.

ENIAC mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum. Daya listrik yang diharapkan sebesar 140 KW Kecepatan operasi mencapai 5.000 operasi penjumlahan per detik. ENIAC masih merupakan mesin desimal, representasi data bilangan dalam bentuk desimal dan arimetikanya dibuat dalam bentuk desimal. Memorinya terdiri atas 20 akumulator yang masing-masing akumulatornya bisa menampung 10 digit desimal. Setiap digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri atas 10 tabung vakum. Kekurangan utama mesin ini ialah masih manual pemrogramannya, yaitu dengan menyetel switch-switch, memasang dan menanggalkan kabel-kabelnya. ENIAC selesai pada tahun 1946 semenjak proposal diajukan tahun 1943, sehingga tahun 1946 merupakan gerbang bagi zaman gres komputer elektronik.

John Van Neumann spesialis matematika yang merupakan konsultan pembuatan ENIAC pada tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan komputer (Electronic ENIAC barunya, Discrete dengan berjulukan Variable rancangan EDVAC Computer) dengan konsep kegiatan tersimpan (stored-program concept) Tahun 1946 komputer denganstored-program concept dipublikasikasikan, yang lalu di kenal dengan Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies). Strukturkomputer IAS terlihat pada gambar 2.1. Komputer ini terdiri :
  1. Memori Utama, untuk menyimpan data maupun instruksi.
  2. Arithmetic Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner.
  3. Control Unit, untuk melaksanakan interpretasi arahan – arahan di dalam memori sehingga adanya sanksi arahan tersebut.
  4. I/O, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar.
Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer
Struktur Komputer IAS
Memori IAS terdiri atas 1.000 lokasi penyimpanan yang disebut word. Word terdiri atas 40 binary digit (bit). Data maupun arahan disimpan dalam memori ini, sehingga data maupun arahan harus dikodekan dalam bentuk biner. Format memori terlihat pada gambar 2.2. Setiap bilangan terdiri atas sebuah bit tanda dan 39 bit nilai. Sebuah word terdiri atas 20 bit arahan dengan masing – masing 8 bit kode operasi (op code) dan 12 bit alamat.

Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer
Format memori IAS
Struktur detail komputer IAS disajikan dalam gambar diatas. Gambar ini menjelaskan bahwa baik unit kontrol maupun ALU berisi lokasi – lokasi penyimpanan, yang disebut register, yaitu :
  • Memory Buffer Register (MBR), berisi sebuah word yang akan disimpan di dalam memori atau dipakai untuk mendapatkan word dari memori.
  • Memory Address Register (MAR), untuk memilih alamat word di memori untuk dituliskan dari MBR atau dibaca oleh MBR.
  • Instruction Register (IR), berisi arahan 8 bit kode operasi yang akan dieksekusi.
  • Instruction Buffer Register (IBR), dipakai untuk penyimpanan sementara arahan sebelah kanan word di dalam memori.
  • Program Counter (PC), berisi alamat pasangan arahan berikutnya yang akan diambil dari
  • Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ), dipakai untuk penyimpanan sementara operand dan hasil ALU. Misalnya, hasil perkalian 2 buah bilangan 40 bit ialah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit yang paling berarti (most significant bit) disimpan dalam AC dan 40 bit lainnya (least significant bit) disimpan dalam MQ. IAS beroperasi secara berulang membentuk siklus instruksi. Komputer IAS mempunyai 21 instruksi, yang sanggup dikelompokkan menyerupai berikut ini :
  • Data tranfer, memindahkan data di antara memori dengan register – register ALU atau antara dua register ALU sendiri.
  • Unconditional branch, perintah – perintah sanksi percabangan tanpa syarat tertentu.
  • Conditional branch, perintah – perintah sanksi percabangan yang memerlukan syarat tertentu biar dihasilkan suatu nilai dari percabangan tersebut.
  • Arithmetic, kumpulan operasi – operasi yang dibuat oleh ALU.
  • Address Modify, arahan – arahan yang memungkinkan pengubahan alamat ketika di komputasi sehingga memungkinkan fleksibilitas alamat yang tinggi pada program.
2. Komputer Komersial

Tahun 1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industri komputer dengan munculnya 2 perusahaan yang ketika itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM. Pada tahun 1947,Eckert dan Mauchly mcndinkan Eckerr-Mauchly Computer Corporation untuk memproduksi komputer secara komersial. Komputer pertama yang mereka hasilkan ialah UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer). UNIVAC I menjadi tulang punggung penghitungan sensus tahun 1950 di USA. UNIVAC II yang mempunyai kapasitas memori lebih besar dan kinerja yang lebih balk. UNIVAC II diluncurkan pada tahun 1950. Mulai ketika itu perusahaan ini telah memengembangkan produk-produk gres yang kompatibel dengan produk sebelumnya sehingga pangsa pasar konsumen mereka tetap terjaga memakai produknya. IBM pun tidak mau kalah dengan mengeluarkan produk mereka yang kesannya mendominasi pangsa pasar bisnis ketika ini. Seri IBM pertama ialah seri 701 tahun 1953 dan terus berubah menjadi lebih baik hingga sekarang.

Komputer Generasi Kedua

1. Transistor (1955 — 1965)

Pesatnya teknologi semikonduktor menghasilkan komponen transistor. Hal ini membawa perubahan besar pada dunia komputer. Komputer kurun ini tidak lagi memakai tabung vakum yang memerlukan daya operasional besar, tabung-tabung itu digantikan komponen kecil berjulukan transistor. Konsumsi daya listrik amat kecil dan bentuknya pun relative kecil. 

Transistor yang ditemukan di Bell Labs pada tahun 1947 dan tahun 1950 telah meluncurkan revolusi elektro modem. IBM sebagai perusahaan pertama yang meluncurkan produk komputer dengan transistor tetap mendominasi pangsa pasar komputer. NCR dan RCA ialah perusahaan yang membuatkan komputer berukuran kedil ketika itu, lalu diikuti IBM dengan mengeluarkan sen 7000nya. 

Memori makin besar kapasitasnya namun makin kecil hentuknya. Pada komputer generasi kedùa ini juga terdapat perubahan perkembangan pada ALU yang makin kompleks, lahirya bahasa pemrograman tingkat tinggi maupun tersedianya software sistem operasi.

Generasi kedua juga ditandai munculnya Digital Equipment Corporation (DEC) tahun 1957 dan meluncurkan komputer pertamanya, yaitu PDP 1. Komputer ini sangat penting bagi perkembangan komputer generasi ketiga.

Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer

2. IBM 7094

Komputer ini diluncurkan pada tahun 1962. Kemajuan IBM 7094 ialah adanya Instruction Backup Register (IBR) yang berfungsi menyangga arahan berikutnya, sehingga komputer akan lebih cepat prosesnya. Unit kontrol mengambil dua word yang berdampingan dan memoriuntuk sebuah pengambilan instruksi, kecuali bila terjadi percabangan. Kemajuan IBM 7094 lainnya ialah adanya multiplexor untuk data channel (saluran data). Multiplexor berfungsi sebagai central switch data yang akan diproses dalam CPU.
Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer
gambar ; Konfigurasi IMB 7094
Komputer Generasi Ketiga

Pada tahun 1958 terjadi revolusi elektro kembali, yaitu ditemukannya integrated circuit (IC) yang merupakan penggabungan komponen-komponen elektro dalam suatu paket. Dengan ditemukan IC ini semakin mempercepat proses komputer alasannya ialah kapasitas memori makin besar dan bentuknya semakin kecil.
1. IBM System/36O

Tahun 1964 dikeluarkan IBM System/36O yang telah memakai teknologi IC. Dalam satu dekade ini IBM menguasai 70% pasaran komputer. Sistem 360 merupakan kelompok komputer pertama yang terencana. Banyak model dalam arsitektur 360 ini dan saling kompatibel. Hal ini sangat menguntungkan konsumen, alasannya ialah konsumen sanggup menyesuaikan dengan kebutuhan maupun harganya. Pengembangan (upgrading) dimungkinkan dalam komputer ini. Karakteristik komputer kelompok ini adalah:
  1. Set arahan menyerupai atau identik, dalam kelompok komputer ini aneka macam model yang dikeluarkan memakai set arahan yang sama sehingga mendukung kompabilitas sistem maupun perangkat kerasnya.
  2. Sistem operasi menyerupai atau identik, ini merupakan fitur yang menguntungkan konsumen sehingga apabila kebutuhan menuntut penggantian komputer tidak kesulitan dalam sistem operasinya alasannya ialah sama.
  3. Kecepatan yang meningkat, model-model yang ditawarkan mulai dan kecepatan rendah hingga kecepatan ringgi untuk penggunaan yang sanggup diubahsuaikan konsumen sendiri.
  4. Ukuran memori yang lebih besar, semakin ringgi modelnya akan diperoleh semakin besar memori yang digunakan.
  5. Harga yang meningkat, semakin tinggi modelnya maka harganya semakin mahal.

2. DEC PDP-8

Pada tahun yang sama ketika IBM mengeluarkan System/360, DEC meluncurkan DEC PDP-8.Komputer ini mempunyai keunggulan bentuknya yang kecil sehingga sangat lleksibel digunakan. PDP 8 juga mempunyai varian-varian yang modelnya sama dengan IBM System/360 untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggannya. Dengan hadirnya PDP-8 ini membawa DEC sebagai perusahaan menyuplai komputer mini terbesar. Hal ini membawa DEC sebagai pabrik komputer terbesar kedua sesudah IBM. Arsitektur PDP-8 sangat berbeda dengan IBM terutama pada bab sistem busnya. Pada komputer ini memakai omnibus system. Sistem ini terdiri atas 96 lintasan sinyal yang terpisah yang dipakai untuk membawa sinyal-sinyal kontrol, alamat, maupun data. Karena semua komponen memakai jalur bus ini maka penggunaannya dikontrol oleh CPU. Arsitektur bus menyerupai PDP-8 ini nantinya dipakai oleh komputer-komputer modern selanjutnya. Struktur bus PDP-8 terlihat pada gambar dibawah ini.

Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer
Gambar : Struktur Bus
Komputer Generasi Keempat

Era keempat perkembangan generasi komputer ditandai adanya VLSi. Paket VLSI sanggup menampung 10.000 komponen Iebih per kepingnya dengan kecepatan operasi mencapai 100 juta operasi per detiknya.

Masa-masa ini diawali peluncuran mikroprosesor Lntel sen 4004. Mikroprosesor 4004 sanggup menjumlahkan dua bilangan 4 bit dan hanya sanggup mengalikan dengan cara penjumlahan berulang. Memang masih primitif, namun mikroprosesor ini tonggak perkembangan mikroprosesor mikroprosesor canggih ketika ini. Tidak ada ukuran niscaya dalam melihat mikroprosesor, namun ukuran terbaik ialah lebar bus data, yaitu jumlah bit data yang sanggup dikirim dan diterima mikroprosesor. Ukuran lain ialah jumlah bit dalam register.

Tahun 1972 diperkenalkan dengan mikroprosesor 8008 yang merupakan mikroprosesor 8 bit. Mikroprosesor ini Iebih kompleks instruksinya tetapi lebih cepat prosesnya dan pendahulunya. Kemudian Bells dan HP membuat mikroprosesor 32 bit pada 1981, sedangkan Intel gres mengeluarkan tahun 1985 dengan mikroprosesor 80386.

Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer
Grafik jumlah transistor dalam chips Pentium
Pada tahun 1993, Intel mengeluarkan mikroprosesor Pentium. Mikroprosesor ini memakai jutaan transistor yang semakin bertambah pada setiap generasinya. Gambar 6.15 mengilustrasikan perkembangan mikroprosesor Pentium terhadap jumlah transistor per kepingnya

Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipergunakan ialah VLSI (Very Large Scale Intergration). Disamping, VLSI juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction, teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan chip. Josephson Junction mempunyai kemampuan memproses trilyun operasi perdetik, sedang teknologi chip hanya sanggup memproses milyard operasi perdetik.

Jepang ialah negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima. Suatu forum untuk pengembangan teknologi komputer telah didirikan di Tokyo, yaitu ICOT (Institute for New Computer Technology). Bila berhasil, komputer generasi kelima akan sanggup menerjemahkan bahasa manusia, penghematan energi komputer, sanggup melaksanakan diagnosa penyakit yang lebih akurat dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai Sejarah Penting Perkembangan Teknologi Sistem Komputer dari Tiap Generasi hingga sekarang. Semoga bermafaat.
Advertisement

Iklan Sidebar