Info Terbaru 2022

Pengertian Dan Perbedaan Arsitektur Dan Organisasi Komputer

Pengertian Dan Perbedaan Arsitektur Dan Organisasi Komputer
Pengertian Dan Perbedaan Arsitektur Dan Organisasi Komputer
 Arsitektur komputer ialah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dan suatu  Pengertian dan Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer

Pengertian Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer ialah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dan suatu sistem komputer. Cabang ilmu ini biasanya mempelajari komponen-komponen sistem komputer yang terhubung dengan perintah logis dari sebuah program. Dalam hal ini, penerapan perencanaan dan masing-masing cuilan akan Iebih difokuskan pada bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenal cara pengaksesan data dan alamat dan memori cache,RAM, ROM, dan CD.

Arsitektur komputer juga sanggup didefinisikan dan dikategorikan sebagal ilmu dan sekaligus seni mengenai cara menghubungkan komponen-komponen perangkat keras untuk sanggup membuat sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan sasaran biayanya.

Arsitektur komputer mempelajari komponen-komponen sistem komputer yang terkait dengan pemprograman, dan mempunyai dampak pribadi pada perintah logis sebuah program. Sebagai contohnya set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, dan prosedur input/output (I/O). 

Arsitektur komputer paling tidak mengandung 3 subkategori sebagai berikut :
  • Set arahan (ISA)
  • Arsitektur mikro dari ISA, dan
  • Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Pengertian Organisasi Komputer

Organisasi komputer ialah cuilan yang terhubung dengan komponen-komponen pelaksanaan dan interkoneksi antarkomponen penyusun sistem komputer dalam melakukan aspek arsitekturalnya. Cabang ilmu ini biasanya mempelajari cuilan yang terkait dengan unit-unit pelaksaan computer dan relasi antara komponen-komponen sistem komputer.

Contoh aspek organisasional ialah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Sementara itu, arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian komponen-komponen sistem komputer yang terkait dengan seorang pemprogram. Sebagai rujukan apakah suatu komputer perlu meimiliki perintah pengalamatan pada memori merupakan duduk perkara rancangan arsitektural. Apakah arahan pengalamatan tersebut akan dilaksanaan secara pribadi ataukah melalui langkah cache ialah kajian organisasional

Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer

Arsitektur komputer cenderung berkaitan dengan komponen sistem komputer yang terkait dengan pemprogram dan mempunyai dampak pribadi pada perintah logis sebuah program. Arsitektur juga sanggup didefinisikan dan dikategonikan sebagai ilmu yang mempelajari cara interkoneksi dan komponen-komponen perangkat keras untuk sanggup mencitakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional dan kinerja.

Sementara itu organisasi komputer mempelajari cuilan yang terkait dengan unit operasional komputer dan relasi antara komponen sistem komputer dan interkoneksi yang merealisasikan klarifikasi arsitektural.

Perbedaaan utamanya ialah sebagai berikut :
  1. Organisasi komputer: cuilan yang terkait erat dengan komponen-komponen operasional. Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
  2. Arsitektur komputer: kelengkapan sistem komputer yang terkait dengan aktivitas pemrograman. Contoh: Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, prosedur I/O. (Heriyanto,dkk, 2014 ,86)
Arsitektur komputer merujuk pada atribut-atribut dari sistem tata terlihat atau, dengan kata lain, atribut-atribut yang mempunyai dampak pribadi pada sanksi logis dari sebuah program. Arsitektur komputer merujuk pada unit operasional dan interkoneksi mereka yang menyadari spesifikasi arsitektur. Contoh atribut arsitektur mencakup set instruksi, jumlah bit yang dipakai untuk mewakili banyak sekali tipe data (misalnya, angka, karakter), I / O mekanisme, teknik untuk mengatasi memori. Atribut organisasi termasuk detail-detail hardware transparan untuk programmer, menyerupai sinyal kontrol, interface antara komputer dan peripheral, dan teknologi memori yang digunakan.

Sebagai contoh, ini ialah duduk perkara desain arsitektur apakah komputer akan mempunyai arahan multiply. Ini ialah duduk perkara orgnizational apakah arahan yang akan dilaksanakan oleh unit kalikan khusus atau dengan prosedur yang memakai berulang unit add sistem. Keputusan organisasi sanggup didasarkan pada frekuensi diantisipasi penggunaan arahan multiply, kecepatan relatif dari dua pendekatan, dan biaya dan ukuran fisik unit multiply khusus.

Dalam kelas komputer yang disebut mikrokomputer, relasi antara arsitektur dan organisasi sangat dekat. Perubahan teknologi tidak hanya mempengaruhi organisasi, tetapi juga mengakibatkan pengenalan arsitektur yang lebih besar lengan berkuasa dan lebih kompleks. Secara umum, ada kurang dari kesesuaian requirementnfor generasi ke generasi untuk mesin-mesin yang lebih kecil. Dengan demikian, ada lebih interaksi antara keputusan desain organisasi dan arsitektur.

Buku ini mengupas banyak sekali organisasi komputer dan arsitektur komputer. Penekanannya ialah mungkin lebih pada sisi organisasi. Namun, alasannya ialah organisasi komputer harus dirancang untuk menerapkan spesifikasi arsitektur tertentu, pengobatan melalui organisasi memerlukan investigasi rinci arsitektur juga.

Demikianlah kiranya Penjelasan mengenai Arsitektur dan Organisasi Komputer. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar