Info Terbaru 2022

Jenis-Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Jenis-Jenis Metode Penelitian Kualitatif
Jenis-Jenis Metode Penelitian Kualitatif
Sebelumnya kami telah membagikan Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif beserta teladan proposal pengajuan penelitian tindakan kelas bagi Guru SD/ Guru Kelas yang bisa dilihat disini.
Namun kali ini kami akan mencoba membahas Jenis-Jenis Metode Penelitian Kualitatif mennurut para jago sebagai dasar pengetahuan agar lebih siap pada ketika akan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan menyusun laporannya. Silahkan disimak..!!

Sebelumnya kami telah membagikan Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif beserta conto Jenis-Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Berikut yaitu klarifikasi dari jenis-jenis penelitian kualitatif tersebut :

Jenis Metode Etnografi

Menurut para ahli, Miles dan Hubberman menyerupai yang dikutip oleh Lodico, Spaulding dan Voegtle dalam bukunya Methods in Educational Research From Theory to Practice, disebutkan jikalau etnografi berasal dari bahasa Yunani ethos dan graphos.

Yang artinya goresan pena mengenai suatu kelompok budaya. Sedangkan Menurut Le Clompte dan Schensul etnografi yaitu metode penelitian yang berkhasiat dalam menemukan pengetahuan yang terdapat/terkandung dalam suatu budaya atau komunitas tertentu.

Jenis Metode Fenomenologi

Istilah fenomenologis ini berasal dari bahasa Yunani, yakni phainomenon (penampakkan diri) dan logos (akal). Ilmu wacana penampakan ialah ilmu wacana apa yang menampakkan diri pada pengalaman subjek.

Donny Gahrial Adian di dalam buku Pengantar Fenomenologi menyebutkan bahwa fenomenologis yakni sebuah studi wacana fenomena-fenomena atau apapun itu yang tampak. Dengan kata lain fenomenologi merupakan mendapat klarifikasi wacana realitas yang nampak.

Jenis Metode Studi Kasus

Menurut Bogdan dan Bikien (1982) studi kasus yaitu pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu subjek atau satu daerah penyimpanan dokumen atau satu insiden tertentu.

Surachrnad (1982) telah membatasi pendekatan studi kasus sebagai suatu pendekatan dengan memusatkan perhatian terhadap suatu kasus secara intensif serta rinci.

Jenis Metode Teori Dasar

Jujun S. Suriasumantri (1985) menyatakan bahwa penelitian dasar atau murni yakni penelitian yang bertujuan untuk menemukan pengetahuan gres yang sebelumnya belum pernah diketahui.

Jenis Metode Studi Kritis

Metode Studi kritis yaitu metode yang dipakai untuk penelitian yang berkembang dari teori kritis, feminis, ras serta pasca modern yang bertolak dari perkiraan jikalau pengetahuan itu bersifat subjektif.

Peneliti yang kritis memandang bahwa masyarakat terbentuk oleh orientasi kelas, status, ras, suku bangsa, jenis kelamin dan lain sebagainya. Peneliti feminis umumnya memusatkan perhatiannya terhadap dilema gender, ras, sedangkan peneliti pasca modern memusatkan perhatian pada institusi sosial dan kemasyarakatan.

Metode Analisis Konsep

Menurut Peter Salim di dalam kamus besar Bahasa Indonesia (1990:61) analisis yaitu penyelidikan terhadap suatu problem/peristiwa (perbuatan, karangan dan sebagainya) guna mendapat fakta yang tepat (asal-usul, sebab, penyebab, sebenarnya, dan lain sebagainya)”.

Sedangkan pengertian konsep berdasarkan Woodruf yaitu suatu inspirasi atau gagasan yang relatif tepat serta bermakna, suatu pengertian wacana suatu objek, produk subjektif yang bermula dari cara seseorang menciptakan pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda lewat pengalamannya (setelah melaksanakan persepsi pada objek/benda).

Dari dua definisi diatas kita sanggup menyimpulkan bahwa definisi metode analisis konsep yakni penelitian yang memfokuskan pada suatu konsep yang sudah ada sebelumnya, agar sanggup difahami, digambarkan, dijelaskan serta implementasinya di lapangan.

Metode Analisis Sejarah

Metode analisis sejarah/penelitian historis berdasarkan Jack. R. Fraenkel & Norman E. Wallen, 1990 : 411 di dalam Yatim Riyanto, 1996: 22 dalam Nurul Zuriah, 2005: 51 yakni penelitian yang secara langsung memfokuskan terhadap masa lalu.

Penelitian ini mencoba untuk merenkonstruksi apa yang terjadi pada masa yang lampau selengkap dan seakurat mungkin, dan pada umumnya menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi. Dalam mencari data dilakukan secara sistematis agar bisa menggambarkan, menjelaskan, serta memahami kegiatan/peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu.

Demikianlah kiranya menyebarkan Informasi mengenai Jenis-Jenis Metode Penelitian Kualitatif. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Iklan Sidebar