Info Terbaru 2022

Do You Know Ktsp??

Do You Know Ktsp??
Do You Know Ktsp??
File disimpan di Google Drive
Do You Know KTSP?? - Salam Sejahtera Penulis Ucapkan Kepada Bapak/Ibu/Saudara yang membaca Artikel dan mengungjungi Blog Pendidikan ini agar selalu diberikan Kebaikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Berbicara KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) atau sering disebut Kurikulum 2006 merupakan salah satu kurikulum yang dikembangkan pemerintah untuk lebih meningkatkan lagi kinerja atau mutu pendidikan dari sabang hingga merauke supaya diterapkan dan lebih dikembangkan lagi di sekolah-sekolah. Pada Tahun Pelajaran 2014/2015 Semester Ganjil Pemerintah menggulirkan Kurikulum 2013 yang dicoba dikembangkan di sekolah-sekolah yang pada awalnya berharap akan berhasil dikembangkan, namun tidak berhasil dan alhasil hanya 1 semester 1 saja seluruh sekolah menggunakan kurikulum 2013 dan Hanya sekolah-sekolah pilihan yang berbasis SSN yang melanjutkan menggunakan kurikulum 2013 pada semester 2. Pada pada dasarnya kurikulum ini lebih menekankan pada siswa yang aktif dan disibukannya Guru dalam melaksanakan evaluasi Sikap, Penilaian Keterampailan dan Penilaian Pengetahuan disamping kiprah pokoknya dalam menawarkan materi pembelajaran yang mungkin itu menjadi salah satu hambatan pada pengembangan kurikulum 2013 ini disamping kurangnya merata Fasilitas antara sekolah yang ada dikota dan dipelosok serta SDM yang masih kurang  dan kiprah serta orang renta siswa terutama di pelosok/ pedesaan dalam menilai Pendidikan itu sendiri (bahwa Pendidikan itu bukan prioritas melainkan pekerjaan yang menjadi prioritas).

Penulis menganggap kurikulum 2013 itu sangat bagus, Karena salah satu alasan penulis menyebutkan anggun itu yaitu siswa itu berperan aktif dan bukanya Pasif. aktif dalam hal ini yang menunjang dalam pelajaran, contohnya mencari gosip di internet. Mungkin menggunakan akomodasi internet untuk siswa yang ada di kota-kota besar di indonesia sudah menjadi kebiasaan bahkan menjadi rutinitas, berbeda sangat jauh kalau melihat di Pelosok/ Pedesaan yang sebagian besar tidak dapat menggunakan akomodasi internet bahkan tidak mengetahui apakah internet itu?  dikarenakan 1. Tidak memiliki Fasilitasnya. 2. Tidak dapat menggunakan. 3. Kurangnya SDM yang menunjang. Hal ini tentu saja menjadi salah satu hambatan untuk membuatkan kurikulum 2013 terutama di pedesaan. Bagaimana mau maju pendidikan di indonesia, tidak meratanya Fasilitas, SDM serta Kesejahteraan yang menjadi hambatan dari sekian banyaknya hambatan yang ada.

Berbicara KTSP tentu saja berbeda dengan kurikulum 2103. Kalau melihat Alasan Penulis yang menyebutkan " Menekankan Siswa Aktif " Hal ini, KTSP Tidak menekankan pada setiap mata pelajaran melainkan pada metode-metode pembelajaran yang dikembangkan tergantung juga pada materi yang akan diberikan pada akseptor didik serta KTSP tidak menyibukan Guru dalam melaksanakan penilaian. Makara Guru lebih Fokus menjalankan kiprah pokoknya. Sebetulnya dalam kurikulum KTSP juga Guru juga harus dapat menentukan dan menggunakan metode mana yang cocok dengan materi yang akan diberikan tiap harinya. Makin banyak Metode yang dipakai makin siap Guru tersebut menawarkan pembelajaran. Penulis membagikan artikel ini tidak lain hanya mengingatkan kembali Apakah itu Materi Pokok KTSP, Materi Umum KTSP serta menawarkan Informasi wacana KTSP. Lebih dan Kurangnya Mohon dimaafkan. Langsung saja yang membutuhkan file ini untuk dijadikan materi bacaan (karena membaca itu jendela dunia) atau tumpuan dalam menyusun aktivitas KTSP di sekolah dapat di download di bawah ini :

Materi Pokok KTSP
  1. Analisis Konteks.rar
  2. Rancangan Penilaian Hasi Belajar.rar
  3. Pengembangan Bahan Ajar.rar
  4. Pengembangan Bahan Ujian.rar
  5. Raport.rar
  6. Penyusunan KTSP.rar
  7. Model-Model Pembelajaran.rar
  8. Pengembangan Diri.rar
  9. Muatan Lokal.rar
  10. Kajian SI, SK dan KD.rar
  11. Pengembangan Indikator.rar
  12. Silabus dan RPP.rar
  13. Penetapan KKM.rar

Materi Umum KTSP
  1. UU No.20 th 2003 wacana SISDIKNAS.rar
  2. Permendiknas wacana Pendidik & Tenaga Kependidikan.rar
  3. Permendiknas wacana Standar Sarana Prasarana.rar
  4. Permendiknas No 19 th 2007 wacana Standar Pengelolaan.rar
  5. Permendiknas No 20 th 2007 wacana Standar Penilaian.rar
  6. UU No 14 Th 2005 wacana Guru dan Dosen.rar
  7. PP NO 19 TAHUN 2005 wacana SNP.rar
  8. PP No.48 th 2008 wacana Pendanaan.rar
  9. PP No.74 th 2008 wacana Guru.rar
  10. Permendiknas wacana Standar Isi (SI).rar
  11. Permendiknas wacana Standar Proses.rar
  12. Permendiknas wacana Standar Kompetensi Lulusan (SKL).rar
  13. Permendiknas wacana Pelaksanaan SI dan SKL.rar

Sekian dahulu artikel yang penulis buat wacana " Do You Know KTSP " mudah-mudahan apa yang dibagikan pada kali ini dapat bermanfaat baik untuk kini ataupun untuk kelak masa yang akan datang. Terima Kasih Salam Edukasi!!
Advertisement

Iklan Sidebar