Info Terbaru 2022

10 Tips Nyaman Ketika Menjalani Kemoterapi, Cepat Sembuh Yaa...

10 Tips Nyaman Ketika Menjalani Kemoterapi, Cepat Sembuh Yaa...
10 Tips Nyaman Ketika Menjalani Kemoterapi, Cepat Sembuh Yaa...
Blog Dokter - Saat paling menyedihkan dalam hidup kadab seseorang dikeputusan harus menjalankan terapi kemoterapi alasannya ialah mengidap beberapa penyakit kronis ibarat kanker. Penyakit ini haruslah ditangani dengan bermacam-macam terapi ibarat terapi kemoterapi. Banyak sekali yang sangat khawatir ketika mendengar kata kemoterapi ini, namun seharunya anda haruslah sanggup tetap berpengaruh menjalani segala pengobatan.

Sebenarnya kemoterapi hanyalah terapi yang memasukkan materi kimia ke dalam tubuh anda. Bahan kimia itu diperlukan sanggup membunuh racun dan zat-zat serta sel kanker dalam tubuh. Menjalaninya pun terlihat santai alasannya ialah anda hanya perlu berbaring dan menunggu terapi selesai. Apa yang menciptakan orang takut? Adalah bermacam-macam jawaban samping yang biasa ditimbulkan, ibarat pusing, mual dan juga tidak lezat badan.

 Saat paling menyedihkan dalam hidup kadab seseorang dikeputusan harus menjalankan terapi kem 10 Tips Nyaman Saat Menjalani Kemoterapi, Cepat Sembuh Yaa...

Di bawah ini merupakan beberapa tips semoga anda sanggup nyaman ketika kemoterapi.

1. Mengonsumsi banyak Air
Melakukan kemoterapi ialah usulan semoga racun keluar dari tubuh. Maka perbanyaklah minum air sehingga jumlah massa cairan yang nantinya akan keluar melalui muntah sanggup tetap seimbang. Bukan hanya air anda juga sanggup mengonsumsi kaldu dalam bentuk sup, es loli, gelatin, jus buah dan minuman jahe yang juga sanggup membantu menghilangkan rasa mual.

2. Konsumsi masakan lunak
Walaupun anda akan sangat tidak berangasan untuk makan ketika menjalani kemoterapi namun anda harus melawannya dengan makan sesuai dengan kebutuhan. Anda sanggup menentukan bermacam-macam masakan lunak yang juga lembut, ibarat oatmeal, puding, kentang yang dihaluskan, yogurt dan roti putih. Hindari konsumsi buah selama beberapa ketika sehabis kemoterapi.

3. Curahkan perasaan Anda
Sangat penting untuk mencurahkan perasaan anda ketika menghadapi kekhawatiran dan kecemasan ketika menghadapi kemoterapi. Anda sanggup dengan lancar ngobrol dengan orang lain atau sobat anda. Anda sanggup menulis pula sebuah jurnal yang sanggup membantu mengeluarkan perasaan yang anda rasakan.

4. Kenakan pakaian yang nyaman
Pastikan anda untuk memakai pakaian yang nyaman dan juga pakaian yang hangat. Agar ketika menjalani kemoterapi anda sanggup tidur dengan nyaman dan mencicipi berbaring di atas kasur terapi seolah tidur di ranjang anda sendiri. Hal ini sanggup mengurangi kecemasan dan ketakutan anda.

5. Tuliskan pengalaman Anda
Seperti yang dijelaskan sebelumnya anda sanggup menuliskan pengalaman anda dalam sebuah jurnal. Menuliskan pengalaman anda sanggup menjadi kenangan tersendiri yang sanggup menciptakan anda semakin kuat. Saat simpulan sesi kemoterapi anda sanggup membacanya dan menguatkan anda bahwa anda sanggup menjalaninya dan siap menjalaninya lagi untuk sesi diberikutnya.

6. Lakukan olahraga
Walaupun anda merasa sangat lemas ketika menjalani kemoterapi namun anda harus sanggup tetap berolahraga dan membantu tubuh bergerak selama masa pemulihan. Anda sanggup berolahraga kecil sanggup dengan berjalan selama 15-20 menit sehari sekuat Anda. Bila memungkinkan Anda sanggup pula melaksanakan yoga.

7. Bersenang-senang
Hilangkanlah putus asa Anda dengan cara aalami dan bersantai yaitu dengan bersenang-senang. Alihkan pikiran anda dengan hal lain dan mulailah untuk menjalani hari-hari ibarat biasa. Hindari bermacam-macam aktiftas yang tidak menciptakan anda diberinteraksi.

8. Minumlah obat Anda
Janganlah lupa untuk meminum obat yang didiberikan oleh dokter. Sebab tubuh anda akan menjadi tidak sehat kalau tidak mengonsumsi obat yang sanggup meringankan rasa sakit anda.

9. Hindari aroma yang tajam
Anda sanggup menghindari aroma yang tajam dan menciptakan anda pusing. Sehingga konsultasikanlah dengan pihak yang memdiberikan kemoterapi semoga tidak membawa benda yang sanggup mengganggu penciuman anda.

10. Jangan terlalu keras pada diri Anda
Anda sanggup menjalani kemoterapi dengan santai asal jangan memdiberikan tekanan pada diri anda. Jangan keras diri dengan kecemasan.
Itulah beberapa dari tips semoga anda merasa nyaman ketika kemoterapi. Selamat mencoba.
Advertisement

Iklan Sidebar